#

Data Alumni

Menyediakan informasi dan pendataan alumni secara lengkap dan terkini

#

Acara Alumni

Menyediakan informasi mengenai acara-acara yang diadakan oleh alumni

#

Info Sekolah

Menyediakan informasi tentang sekolah secara akurat

#

Tentang Al Hamid

Sejarah Lembaga Pendidikan Islam Yayasan Mantab Al-Hamid Cilangkap Cipayung Jakarta Timur tidak bisa dipisahkan dari Pondok Pesantren Salafiyah ”Al Falah” yang berada di kabupaten Kediri, tepatnya berada di Desa Ploso Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur. Sebuah Pondok Pesantren yang didirikan sejak ratusan tahun yang lalu (1827 M) oleh KH Ahmad Djazuli Usman. Beliau adalah seorang alumni dari Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, yang pada masa itu Pondok Pesantren Tebuireng masih di pimpin oleh Pendiri Organisasi keislaman terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU), yakni Khadrotus Syaikh KH Hasyim Asy’ari.

Kini perjuangan KH Ahmad Djazuli Usman diteruskan oleh keturunan Beliau. Kelima putera-puteri KH Ahmad Djazuli Usman adalah KH Zainuddin Djazuli, KH Nurul Huda Djazuli, KH Khamim Djazuli, KH Munif Djazuli dan Hj Lailatul Badriyyah seluruhnya tetap mengayomi para santri dengan memegang tugas dan tanggung jawab masing-masing demi keberlangsungan eksistensi Pesantren. Peran serta dan kontribusi yang paling rendah adalah dengan mengisi berbagai pengajian kitab-kitab salaf untuk diajarkan kepada para santri di jam-jam tertentu setiap harimulai dari setelah sholat shubuh berjamaah, hingga tengah malam selepas sholat isya.

Diantara kelima putera-puteri KH Ahmad Djazuli Usman, yaitu beliau KH Khamim Djazuli Usman yang populer disapa Gus Miek, merupakan puteranya yang memiliki kepribadian paling unik, kalau boleh dibilang nyentrik, dimana beliau memiliki kebiasaan berdakwah bukan ditempat yang umum, seperti masjid, majlis-majlis taklim, surau dan madrasah-madrasah, akan tetapi beliau biasa terjun langsung ditempat kemaksiatan dan kemungkaran yang terjadi. Bagi beliau dunia malam adalah sorban untuk dakwahnya, prostitusi beserta wanita-wanita malam adalah sajadah untuk sujudnya akan keagungan-Nya, minuman dan perjudian adalah tasbih dzikirnya, sehingga tidak sedikit pihak yang menilai negatif akan sepak terjang Gus Miek.

Hal yang paling berbeda dari Gus Miekdengan yang lainnya adalah dimanapun Gus Miek berada, apakah di antara tukang becak, para pejabat, penjudi, ulama dan lain sebagainya, Gus Miekselalu menjadi yang terdepan atau terhebat, sehingga ada perkataan dari ”santri-santri” Gus Miek, jika ada di sekitar Pejabat, Gus Miek paling hebat dalam menyusun strategi ataupun keilmuan tentang dunia politik.Jika di antara penjudi, Gus Miek selalu menang, begitu juga diantara pemabuk. Dan paling kentara adalah jika Gus Miek berada disekitar kumpulan para Ulama atau Kiai, seakan-akan tidak ada ulama atau kiai lain selain Gus Miek. Inilah sebagian kelebihan-kelibihan yang ada pada diri Gus Mieksejak beliau dilahirkan.

Salah satu kegiatan yang dibidangi Gus Miek adalah sebuah perkumpulan pengajian yang bernama ”Sema’an Al Qur’an Jantiko Mantab” sebuah kegiatan yang memperdengarkan sekaligus menyimak ayat demi ayat yang dikumandangkan oleh para penghafal AlQur’an (hafidz/hafidzah) yang dalam pelaksanaannya dihadiri hingga ribuan jamaah. Sebuah kegiatan rutin yang pada mulanya hanya berjalan di sekitar kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, hingga pada saat ini meluas sampai ke Jakarta, bahkan pernah sampai ke Istana Negara Republik Indonesia dan Keraton Jogjakarta

Murid

1000 murid

Ruang

75 ruang

Guru

85 guru

#

Reuni Akbar

Kegiatan rutin yang selalu menjadi agenda tahunan untuk silaurahmi dan melepas kerinduan selama masa-masa sekolah antara alumni.


#
#
Lihat acara

Prestasi Alumni

Memberikan informasi mengenai prestasi Alumni yang terbaru dan terkini

Lihat selengkapnya

Berita

Berita seputar AL HAMID

Pengenalan Sekolah sejak baru masuk

Setelah sukses di Bandung, karya ilmiah dari ketiga siswa tersebut dipilih mewakili...
  • 07/04/2020

  • Ahira

Siswa Ikut Andil dalam JFC

Awalnya, mereka merasa tidak yakin karya dibawa ke tingkat internasional itu akan...
  • 07/04/2020

  • Baur

Sekolah jadi sepi setelah corona

Setelah sukses di Bandung, karya ilmiah dari ketiga siswa tersebut dipilih mewakili...
  • 07/04/2020

  • Gita

#